Pagurawan



                                      

DATUK MHD. YUSUF (DATUK SETIA MAHARAJA LELAWANGSA) DIPUGAR TGL.04-03-2001 KUASA WARIS 1.DRS. HAJI NASRUN ALI 2.SAMSUDIN 3.NIZARRUDIN
  


Jembatan Pagurawa
 Kata orang-orang tua dulu, orang menyebutnya 'Pergurauan' atau 'Pagurowan'. Maksudnya tempat bersenda-gurau, bersenang-senang.Bisa jadi memang, kota Pagurawan pada masa kolonial adalah tempat  'hang-out'nya para pegawai Belanda dan noninya.Karena berdampingan dengan  pagurawan adalah desa Nenasiam. Menurut cerita turun-temurun penduduk disana, asal kata'Nenasiam'. adalah nona-nona Siam. Mungkin pada jaman Belanda, nona-nona dari Siam (Thailand sekarang) didatangkan untuk menghibur orang-orang  Belanda dan lainnya yang sederajat dan Societatnya berada  di sekitar Pagurawan.dan mungkin dulunya desa Nenas Siam termasuk dalam wilayah Pagurawan.

Pendapat mengatakan, karena penduduknya suka bergurau akhirnya wilayah itu disebut Paguroan. Seiring perjalanan waktu berubah menjadi Pagurawan. Disinyalir juga bahwa kata Pagurawan muncu karena Pergurauan antara Raja         Siantar dan Raja Siantar. Apa yang diguraukan? Who knows?!


Pagurawan berada di pesisir pantai timur Sumatra, tepatnya di kecatamatan Medang Deras Kabupaten Batubara Sumatra Utara. Secara administratif, ia masuk dalam kelurahan Pangkalan Dodek yang kemudian mekar menjadi Kelurahan Pangkalan Dodek dan kelurahan Pangkalan Dodek Baru .Entahlah, itu hanya hipotesis saya, hanya berlandaskan folklore, cerita rakyat, tanpa didukung bukti-bukti sejarah yang kuat. Memang sangat sedikit data sejarah menyangkut kota pagurawan. laporan-laporan tertulis masa kolonial hanya laporan selintas, seperti dalam buku karangan Shadee yang berjudul “Geschiedenis van Sumatra’s Oostkust”, menyatakan bahwa pada permulaan kedatangan Belanda ke Sumatera Timur di tahun 1862, wilayah Pagurawan dan Tanjong berada langsung di bawah jajahan Datuk Lima Puluh dari Batu Bara yang kemudian tunduk pula kepada Siak.
















Posted by Picasa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Afdeling Van Batubara

Mulailah